Tips dan Cara Belajar Efektif di Sekolah

Tips dan Cara Belajar Efektif di Sekolah
Tips dan Cara Belajar Efektif di Sekolah

Sekolah adalah tempat yang tepat untuk belajar, karena banyak teman dan gurunya juga bisa baik dan sabar. Tapi bagaimana jika Anda memiliki teman yang sangat ingin tahu di sekolah, selain guru yang sangat tegas, bagaimana Anda bisa belajar dengan efektif?

Hal yang perlu diketahui adalah bahwa meskipun lingkungan mempengaruhi pola pembelajaran, perlu diingat bahwa guru yang baik adalah guru yang tegas dan disiplin tinggi. Bagaimana jika gurunya tidak tegas dan disiplin, apakah kita akan menjadi siswa yang berkarakter normal? Jadi, bersyukurlah jika Anda memiliki guru yang ketat !!

Tidak seperti teman di sekolah, yang akan menjadi pengaruh paling signifikan dalam pembelajaran kita. Apalagi jika ada teman yang suka keingintahuan dan ketidaktahuan? Apakah Anda suka selingkuh, apakah Anda suka marah? Arrrrrrrghh.

Jangan khawatir, berikut beberapa cara belajar efektif di sekolah yang bisa Anda terapkan:

Baca juga : Bimbel IUP UGM

Pilih kursi depan

Berlomba mencari jok depan, hanya orang bodoh yang tidak berani duduk di depan. Kecuali jika kursi tersebut sudah ditempati, jika memungkinkan, duduklah di sebelah guru. Hehe

Mengapa Anda harus mengambil posisi depan? Pasti sudah tahu kenapa kan? Selain lebih fokus mendengarkan dan melihat penjelasan, guru juga lebih disiplin. Bayangkan jika Anda duduk di belakang yang sebenarnya malas, ditambah lagi teman kiri-kanan Anda memiliki tingkat kemalasan yang lebih tinggi. Bagaimanapun, itu pasti posisi depan !!

PDKT untuk guru

PDKT di sini sering kali menjadi pendekatan bagi guru untuk meminta bantuan jika masih ada kesulitan dengan apa yang diajarkan guru. Jangan takut dan jangan ragu, mendekati guru pasti akan mendapat poin positif nantinya.

Baca juga : Tes IUP UGM

Disiplin waktu

Sekali lagi, Anda harus disiplin dari waktu ke waktu, bukan? Disiplin jangan terlambat dan pergi ke kelas. Tidak hanya di sekolah, haruskah di rumah? Bersiaplah untuk mempersiapkan dengan tepat alat dan buku catatan untuk pelajaran hari ini. Peralatan membantu dalam proses pembelajaran, cari saja alat tulis atau buku yang tidak lengkap, dijamin gelisah dan gagal fokus.

Bertemanlah dengan teman baik

Teman yang baik pasti teman yang pintar, kenapa? Karena teman yang baik selalu memberi nasehat yang baik dan juga mengarah pada kebaikan. Dengan memiliki teman yang baik dan semangat belajar, kita akan merasa lebih bersemangat untuk lebih banyak belajar di sekolah.

Bukankah mudah dan mudah membuat pembelajaran di sekolah efektif? Yang terpenting adalah Anda mulai dengan diri sendiri, jangan menunda perubahan dan tetap semangat.