Tes Masuk IPDN Harus Lulus Tes CPNS

Tes Masuk IPDN Harus Lulus Tes CPNS
Tes Masuk IPDN Harus Lulus Tes CPNS

Tampaknya kita bisa menghadapi Ujian alias Test. Mulai pergi ke sekolah untuk datang bekerja. Bahkan sekarang memasuki sekolah resmi. Pada 2013, semua siswa yang memasuki sekolah resmi, termasuk Institut Pemerintah Domestik (IPDN), harus mengikuti tes kecakapan dasar CPNS (TKD) bimbingan belajar ipdn Pekanbaru.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, mereka akan ditunjuk sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Tes Masuk IPDN Harus Lulus Tes CPNS
Tes Masuk IPDN Harus Lulus Tes CPNS

Hal ini dikemukakan oleh Menteri Reformasi Administrasi dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar di sela-sela inspeksi mendadak di sekitar kantor Kementerian PANRB, Jakarta, pada Jumat (28/6/2013).

Azwar menjelaskan bahwa, pada 2012, tes CPNS dilakukan secara adil, objektif, transparan, dan bebas KKN. Ini juga harus dilakukan pada tes masuk sekolah resmi, yang dikatakan diwarnai dengan permainan.

“Pada prinsipnya mereka adalah pejabat publik. Karena itu, setiap siswa yang bersekolah di sekolah resmi harus mengikuti ujian untuk menjadi seorang CPNS,” katanya.

Setidaknya, kata dia, ada dua manfaat yang didapat dengan menerima CPNS yang adil, obyektif, transparan, dan bebas dari KKN.

“KPertama, kita akan mendapatkan pria / wanita muda terbaik di negara ini. Kedua, kita akan mendapatkan peningkatan dalam kepercayaan pemuda Indonesia bahwa Negara telah memperlakukan mereka dengan adil.”

Mengenai penerimaan siswa IPDN dalam waktu dekat untuk mengikuti ujian masuk, menteri mengingatkan masyarakat agar tidak mudah terpengaruh jika ada pihak yang bisa memasukkan anak-anak mereka ke IPDN dengan imbalan sejumlah uang .

Seperti tes kecakapan dasar (TKD) yang dilakukan pada tahun 2012, peserta harus mengajukan tiga kelompok pertanyaan, yaitu karakteristik pribadi, kecerdasan umum, dan perspektif nasional.

Peserta tes juga harus memenuhi nilai kelulusan (ambang kelulusan) yang ditentukan. Selain IPDN, sekolah-sekolah resmi tersebut termasuk Akademi Imigrasi dan Akademi Intelijen.

Cek artikel lain di https://jogjalib.net