Pesona Umbul Manten yang Banyak Spot Foto Hits Di Klaten

Umbul Manten
Umbul Manten

Umbul Manten, atau ada pula yang kenal dengan nama Umbul Janti ialah sumber air fresh sebening kaca yang berada di Klaten dan dekat sekali dengan lokasi Umbul Pelem. Obyek wisata paling baru ini saat ini turut memeriahkan pariwisata Klaten. Iya, akhir-akhir ini nama Klaten semakin seringkali terdengar karena kehadiran Umbul Ponggok yang keberadaannya banyak diketahui masyarakat ditempat dari dahulu.

Saat ini, ada satu wisata baru di Klaten, yang namanya diketahui dengan Umbul Manten. Seperti apa sebetulnya obyek wisata paling baru di Klaten ini? Awalnya perlu untuk diketahui terlebih dulu jika di Klaten itu sebetulnya ada beberapa sumber mata air alami yang dalam Bahasa Jawa disebutkan dengan umbul.

Dahulu, Umbul itu banyak digunakan oleh warga ditempat untuk pengairan tempat pertanian, budidaya ikan air tawar, sampai yang belakangan ini mulai ramai ialah umbul di Klaten ini dikerjakan dengan professional jadi object wisata. Contoh yang paling kelihatan sukes sich ya Umbul Ponggok Klaten.

Umbul Manten sendiri belum juga diurus dengan professional seperti obyek wisata di Klaten lainnya. Memang, namanya baru muncul di Internet sekian waktu akhir-akhir ini. Tetapi, meskipun begitu, bukan bermakna obyek wisata paling baru di Klaten ini tidak menarik ya! Airnya yang bening, sebening gelas kaca akan membuat siapa saja terbuai saat bertandang ke sini.

Namanya memang unik, yakni Umbul Manten atau bila dalam bahasa Indonesia itu ini berarti “pengantin”. Entahlah mengapa namanya semacam itu, tetapi konon tuturnya dulu umbul yang satu ini seringkali dipakai untuk acara siramannya dalam pernikahan tradisi Jawa.

Umbul Manten ini tempatnya ada di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Keberadaannya sendiri tidak jauh dengan Umbul Ponggok. Jadi, kemungkinan kalian dapat bertandang ke dua Umbul di Klaten ini dengan sekaligus juga. Tidak ada ruginya kok!

Tempat Umbul ini terdapat ditengah-tengah rerimbunan pohon besar. Pohon-pohon yang melingkari kehadiran Umbul ini diketahui dengan nama pohon Ipik. Juga jika dilihat, kelihatannya pohon itu justru sedikit seperti dengan pohon beringin.

Ukurannya Umbul Manten ini tidak besar, tetapi jangan salah, air yang berada di umbul itu sangat jernih sebening kaca. Umbul ini ialah satu kolam alami di Klaten yang mempunyai kedalaman seputar 1,5 mtr.. Tidak seperti Umbul Ponggok, sisi fundamen Umbul Manten ialah berbentuk bebatuan. Oleh karenanya, kejernihan airnya dapat terbangun, sampai sisi fundamen kolam kelihatan benar-benar jelas.

Dengan demikian jernihnya air, semacam ini, selanjutnya jadikan tempat ini jadi benar-benar nyaman untuk berenang. Air tidak keruh, serta demikian fresh. Serta, jika kelamaan berenang di sini, kelihatannya justru akan kedinginan deh. Kesegaran air masih terbangun, sebab ada air yang keluar dari beberapa titik di umbul itu.

Untuk nikmati kesegaran tempat wisat paling baru Klaten ini tidak begitu mahal. Kalian cuma akan dikenai ongkos retribusi sebesar IDR 2 ribu. Murah sekali kan? Tetapi sayang sebab belum dikerjakan dengan professional, sarana fundamen seperti kamar mandi belum ada. Di sini hanya ada satu kamar ubah yang masih simpel. Tetapi, pasti itu tidak menurunkan kalian untuk liburan ke Umbul Manten di Klaten Kan?

Umbul di Klaten yang satu ini tempatnya cukup strategis, untuk menemukannya tidak sulit. Ditambah lagi tempat Umbul Manten telah tertera di Google Maps. Dengan menggukana smartphone paling baru yang diperlengkapi dengan aplikasi Google Maps, kalian dapat menemukannya dengan tanpa ada kendala. Tempat Umbul Manten di Google Maps dapat kalian dapatkan di sini.

Harga ticket masuk ke obyek wisata kolam renang alami di Klaten ini tidak mahal. Kamu perlu bayar ticket parkir kendaraan sebesar IDR 2000, serta biaya ticket masuk ke Umbul Manten Klaten ini hanya sebesar IDR 3000 saja. Murah sekali kan? Cukup dengan bayar totalnya IDR 5000, kamu bisa nikmati berlibur yang menyenangkan.

Ini adalah salah satunya obyek wisata untuk lebaran yang menarik buat kamu datangi. Kemungkinan ada yang pulang kampung ke Klaten, kamu dapat berkunjung ke obyek wisata ini bersama dengan keluarga. Selain itu untuk sarana yang ada di sini ialah, ada sarana berbentuk Musholla, serta ada banyak warung makan yang jual makanan pada harga lumayan murah. Dari mulai IDR 10.000, kamu telah nikmati beberapa kuliner lokal Klaten.

Atau kalian dapat juga ikuti panduan langkah ke arah Umbul Manten dari Stasiun Yogyakarta dengan google maps panduan ke arah Umbul Manten yang dapat kalian dapatkan di sini.

Nah, jadi bagaimana? Tertarik tidak bikin bermain ke Umbul Manten, sumber air fresh sebening kaca di Klaten ini! Janganlah sampai tidak main ke sini deh, jika kebetulan berlibur di Klaten! Oke?

Dikisahkan jika Umbul Manten sendiri sebetulnya datang dari 2 buah sumber air. Konon ke-2 mata air ini dahulunya diketahui dengan nama Umbul Peteng serta Umbul Pelem. Atau, bila berdasar narasi warga seputar, lebih juga dikenal dengan Umbul Lanang (lelaki) serta Umbul Wadon (wanita).

Memang belumlah ada narasi yang tentu, tapi yang pasti memang terdapat beberapa versus tentang ke-2 umbul itu. Beberapa katakan Umbul Lanang ialah Umbul Pelem, ada pula yang katakan Umbul Lanang ialah Umbul Peteng. Versus yang lain justru bercerita jika Umbul Lanang ialah Umbul Pelem sedang Umbul Wadon ialah Umbul Peteng.

Disebut jika tempat Umbul Pelem ini ada persis di pinggir jalan, sedang Umbul Peteng sendiri ada cukup jauh dari pinggir jalan. Umbul Peteng sendiri ada di samping selatan umbul Pelem. Disebutkan Umbul Pelem sebab konon dulu didekat situ pernah tumbuh pohon Pelem (pohon mangga).

Kembali pada legenda yang berada di Umbul manten, konon ada narasi tentang asal mula kehadiran Umbul Manten. Dikisahkan ada sepasang penganti baru yang tentunya baru menikah. Mereka dikasih saran atau petuah oleh orang tuanya, jika pengantin baru itu seharusnya tidak keluar bersama dengan sama mendekati maghrib atau senja sebelum 40 hari menikah.

Tetapi sepasang pengantin baru itu selanjutnya tidak mengikuti petuah orang tuanya. Serta dalam satu hari, sebelum 40 hari melalui waktu pernikahan mereka keluar rumah bersama dengan saat senja sesaat datang.

Di sini dikisahkan jika sang suami selanjutnya berjalan menyusul istrinya. Selang tidak berapakah lama, serta berjalan sepanjang sesaat si suami melihat ke belakang untuk bicara dengan istrinya. Tetapi, ia nyatanya tidak dapat temukan istrinya.

Keanehan berlangsung dengan pada si istri. Saat ia dengan maksud suaminya yang telah berjalan terlebih dulu, ia tidak dapat menemukannya. Suaminya musnah tidak berbekas. Dikisahkan jika Umbul Manten yang tempatnya ada di ke-2 umbul berikut yang diakui jadi tempat dimana ke-2 suami istri itu hilang, hingga tidak dapat berjumpa kembali.

Entahlah narasi tentang mitos serta legenda Umbul Manten ini benar atau mungkin tidak, yang pasti kehadiran umbul ini masih menarik untuk didatangi jadi lokasi untuk berlibur yang menyenangkan di wilayah Klaten, Jawa Tengah. Jadi, kalian yakin atau tidak tentang saran pengantin di Umbul Manten ini? Selengkapnya di midsomermurders.net ok guys.