Pengertian Ekspor dan Impor

Pengertian Ekspor dan Impor

Umumnya sebagian dari kita pasti pernah belajar atau mendengar tentang pengertian ekspor dan impor. Kegiatan ekspor dan impor ini mempunyai peran yang sangat penting didalam suatu negara besar dan kaitannya sangat erat dengan kegiatan ekonomi dalam negara.

Sederhananya, pengertian kegiantan ekspor yaitu suatu kegiatan menjual produk barang atau hewan ke luar negeri, sedangkan kegiatan impor yaitu kegiatan membeli produk barang atau hewan ke luar negeri.

Untuk lebih jelasnya pengertian kegiatan ekspor dan impor di suatu negara, mari simak penjelasan yang kami rangkum secara detail dan akurat tentang pengertian ekspor dan impor, serta tujuan, manfaat dan komoditas kegiatan ekspor dan impor di indonesia.

Pengertian Kegiatan Ekspor Secara Umum

Menurut pabrikcontainer.com kegiatan ekspor adalah aktivitas pengeluaran suatu barang dari wilayah pabean. Wilayah pabean yaitu suatu daerah milik negara Indonesia yang terdiri dari wilayah barat, udara dan perairan, yang juga melingkupi seluruh wilayah tertentu yang berada di dalam Zona Ekonomi Eksklusif.

Jadi intinya, kegiatan ekspor adalah suatu aktivitas mengeluarkan produk dari dalam negeri ke luar negeri dengan standar peraturan dan ketentuan yang ada.

Pengertian kegiatan eksportir

Kegiatan eksportir adalah orang perorangan atau badan hukum yang melakukan akrivitas ekspor.

Apabila aktivitas ekspor dalam skala yang besar, maka sistem pengirimannya melibatkan Bea Cukai untuk bertugas sebagai pengawas pengiriman barang dalam suatu negara.

Setiap produk yang akan di ekspor mempunyai ketentuan masing-masing tergantung dari jenis produknya.

Pengertian Kegiatan Ekspor Menurut Para Ahli

Amir M.S (2004:1)

Kegiatan Ekspor adalah upaya melakukan penjualan komoditas di suatu negara ke negara lain, dengan mengharapkan transaksi pembayaran dalam valuta asing, serta melakukan komoditi dengan mengunakan bahasa asing.

Marolop Tanjung (2011:63)

Kegiatan ekspor adalah pengeluaran suatu barang dari wilayah pabeanan indonesia untuk dikirim ke luar negeri dengan mengikuti ketentuan yang berlaku mengenai peraturan kepabeanan.

Roselyn Hutabarat (1996-306)

Kegiatan ekspor adalah aktivitas perdagangan dengan cara mengeluarkan barang dari dalam negeri ke luar daerah pabean indonesia dengan memenuhi ketentuan yang berlaku.

Bambang Triyoso dan Susilo Utomo (2004)

Pengertian Kegiatan ekspor adalah sistem perdagangan dengan cara mengeluarkan produk dari dalam negeri ke luar negeri dengan memenuhi ketentuan yang berlaku.

Kegiatan ekspor meliputi semua barang atau jasa yang dijual oleh sebuah negara ke negara lain, termasuk barang, jasa, asuransi pada priode tertentu.

Winardi

Pengertian kegiatan ekspor yaitu semua produk (barang atau jasa) ysng dijual kepada masyarakat negara lain, ditambah lagi dengan jasa-jasa yang diadakan kepada masyarakat negara tersebut berupa pengangkutan permodalan dan suastu hal lainnya yang membantu kegiatan ekspor tersebut.

Di negara Indonesia ekspor dibagi menjadi 2 bagian yatu:

  • Bahan migas┬áterdiri dari jenis produk, bensin, minyak, gas dan solar.
  • Bahan non-migas merupakan hasil industri, laut, perkebunan atau pertanian.

Tujuan dan Manfaat Kegiatan Ekspor

  1. Menumbuhkan Kegiatan Industri Didalam Negeri

Ekspor adalah suatu kegiatan perdagangan dalam ruang lingkup internasional, yang dilakukan untukmemberikan suatu rangsangan atas suatu permintaan dari dalam negeri, sehingga mampu menciptakan industri lain yang lebih besar

Tingginya permintaan ekspor pada suatu produk akan berimpas langsung pada perkembangan industri didalam suatu negara. Maka hal tersebut tersebut akan mampu menciptakan suatu iklim usaha yang lebih kondusif.

  1. Menstabilkan Harga Suatu Produk

Aktivitas ekspor pada sebuah negara akan membuat negara tersebut mampu memanfaatkan overkapasitas pada suatu produk. Maka negara tersebut akan mampu menstabilkan atau mengendalikan harga suatu produk ekspor yang terjadi di negaranya.

  1. Meningkatkan Devisa Pada Negara

Kegiatan ekspor akan memberikan dampak yang positif pada perkembangan ekonomi pada sebuah negara. Keuntungan dari adanya aktivitas ekspor yaitu demi membuka peluang pasar baru di luar negeri sebagai upaya menumbuhkan investasi, perluasan pada pasar domestik, serta menambah devisa pada sebuah negara.

Komoditas Unggul Ekspor di Indonesia

Setidaknya ada lima komoditas ekspor paling unggul yang dimiliki negara indonesia, komoditas tersebut adalah:

  1. Karen Mentah

Negara indonesia adalah salah satu penghasil karet paling besar kedua di dunia, itulah kenapa karet adalah salah satu produk komoditas utama di negara indonesia. Jenis produk karet ini biasanya banyak dikirim ke beberapa negara maju, seperti China, Jepang, dan Amerika.

  1. Tekstil

Tingginya jumlah industri tekstil di negara indonesia hingga berhasil meningkatkan devisa di dalam negeri. Sehingga mampu meningkatkan kestabilan ekonomi di berbagai daerah.

  1. Produk Kelapa Sawit

Keutamaan jenis produk ini adalah bisa di jadikan sebagai bahan baku utama pembuatan sabun, minyak goreng, mentega dan beberapa jenis produk kecantikan lainnya. Biasanya komoditas produk yang di ekspor berupa minyak inti kelapa sawit atau plam kernel oil, dan minyak sawit. Salah satu negara tujuan yang akan di ekpor dalam jumlah besar yaitu negara India, Pakistan, dan China.

  1. Produk Hasil Hutan

Negara indonesia adalah salah satu negara tropis yang memiliki banyak sekali hasil hutan, dan salah satu industri kayu di indonesia mempunyai prospek perkembangan yang baik. Salah satu produk hasil hutan yang di ekspor ke luar negeri yaitu pulp kertas dan kayu.

  1. Kakao atau biji coklat

Negara Indonesia merupakan salah satu negara penghasil biji coklat terbesar ketiga di dunia. Biasanya produk biji coklat ini diolah menjadi coklat atau produk berbahan coklat lainnya. Jenis produk biji coklat yang akan di ekspor ke luar negeri ini adalah produk yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia.

Pengertian Kegiatan Impor

Pengertian kegiatan impor secara umum adalah suatu kegiatan memasarkan produk barang dari wilayah pabean atau membeli produk barang atau jesa dari negara lain, guna memenuhi kebutuhan dasar dalam negeri.

Pengertian Kegiatan Impor Menurut Para Ahli

Marolop Tandjung (2011:379)

Kegiatan impor adalah aktivitas perdagangan dengan cara memasukkan suatu produk dari luar negeri ke dalam daerah pabean indonesia sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku.

Astuti Purnawati (2013:13)

Pengertian kegiatan impor adalah tindakan membeli barang atau jasa dari luar negeri sesuai dengan ketentuan pemerintah, yang di bayar mengunakan valuta asing.

Susilo Utomo (2008:101)

Pengertian kegiatan impor adalah suatu aktivitas memasukkan produk dari luar negeri ke dalam wilayah pabean di dalam negri yang di tindakan oleh perwakilan dari kedua negara, secara perorangan ataupun perusahaan.

Tujuan dan Manfaat Kegiatan Impor

Tujuan utama dari kegiatan impor adalah untuk meningkatkan neraca pembayaran seta mengurangi adanya keluar devisa pada negara lain.

Manfaatnya akan mampu mendukung stabilitas negara secara tidak langsung.

Sekian penerapan pengertian kegiatan ekspor dan impor dari kami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Terimakasih