Kampus Swasta Terbaik di Indonesia

Kampus Swasta Terbaik di Indonesia

Untuk saat ini, ada banyak banget kampus-kampus swasta bergengsi di tanah air. Jadi, nggak ada yang perlu ditutup-tutupi deh kalau kamu kuliah di kampus swasta.

Lagian, kualitas kampus swasta sekarang mah nggak kalah unggulnya kok dengan kampus negeri lainnya. Bahkan nih, nggak sedikit alumni-alumni kampus swasta yang bisa bersaing di dunia kerja dengan alumni negri.

So, stop deh buat minder-minderan, apalagi sampa insecure gitu. Haduh. Oke, buat kamu yang bentar lagi mau kuliah, berikut adalah 7 kampus swasta terbaik di Indonesia yang patut kamu pertimbangkan.

1. Universitas Bina Nusantara atau Binus

7 kampus swasta terbaik di Indonesia yang berada di urutan pertama adalah Universitas Bina Nusantara, atau yang biasa disingkat dengan Binus. Kampus ini telah dinobatkan oleh Webometrics edisi tahun 2021 sebagai kampus swasta terbaik se Indonesia.

2. UMY

Kampus swasta terbaik se Indonesia selanjutnya adalah UMY. Universitas yang berada di Yogyakarta ini memang patut menjadi salah satu kampus terbaik, karena memang se-bagus itu kampusnya. Sejarah panjang kampus satu ini sudah dimulai sejak 1 Maret 1981. Jadi, usia kampusnya tuh udah lama banget.

3. Universitas Mercubuana

Dulunya, sebelum kampusnya berdiri, perkualiahan dilaksanakan di Gedung YKTI atau Yayasan Tenaga Kerja Indonesia yang terletak di Jalan Gatot Soebroto. Di tahun 1984, kampusnya berhasil dibangun dengan nama Menara Bhakti, lokasinya ada di Jalan Raya Meruya Selatan, yang kemudian dikembangkan ke Jogja.

4. Universitas Islam Indonesia

Yang berikunya adalah Universitas Islam Indonesia. Siapa sih yang nggak pengen kuliah di UII? Saya rasa mah, semua pasti pengen ya. Karena memang, kampus satu ini tuh keren banget deh. Menariknya, UII merupakan kampus swasta yang paling tua loh di Indonesia, yang telah berdiri dari tahun 1945, tepatnya tanggal 8 Juli. Wah, Indonesia belum merdeka aja kampusnya udah ada.

5. Universitas Muhammadiyah Malang

Selain UMY, ternyata ada lagi nih kampus Muhammadiyah yang masuk nominasi sebagai 7 kampus swasta terbaik di Indonesia. Nggak heran sih, karena kan Muhammadiyah memang berkomitmen dalam mengamalkan amanat undang-undang. Yakni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kalau peringkat nasionalnya, kampus satu ini ada diperingkat yang ke 33, sementara kalau se Jawa Timur menduduki peringkat ke 2.

6. Universitas Narotama (Unnar) Surabaya

Universitas swasta terbaik di Indonesia yang berikutnya adalah Universitas Narotama. Letaknya ada di Kota Surabaya. Berdasarkan data dari Webometrics, maka kampus satu ini menduduki peringkat yang ke 4 dalam nominasi perguruan tinggi swasta terbaik se Indonesia.

Jadi, kampus satu ini memang sengaja menunjukkan bahwa mereka unggul dalam perkara pemanfaatkan informasi dan juga teknologi yang berbasis internet dalam kancah internasioanl loh. Jika diurutkan peringkat skala nasional, maka kampus satu ini berada di posisi yang ke 18. Padahal, saat tahun 2020, kampus ini masih ada di peringkat yang ke 45. Sebuah pencapaian yang luar biasa.

7. Universitas Gunadarma

Kampus swasta terbaik yang terakhir adalah Universitas Gunadarma. Masih berdasarkan Webometrics, bahwa kampus satu ini menduduki peringkat yang ke 6 sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

Kampus ini sudah mulai beroperasi tanggal 7 Agustus 1981. Nama awalnya adalah Program Pendidikan Ilmu Komputer, yang kemudian beralih menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, dan terakhir berubah lagi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma, yang merupakan nama kampusnya sampai saat ini.

Demikian 7 kampus swasta terbaik di Indonesia. So, jangan ragu lagi kalau kamu memang ingin kuliah di kampus swasta. Kalau mengutip dari situs gasbanter.com, kampus swasta maupun negeri sebenarnya memiliki prospek yang sama.

Semoga bermanfaat.