10 Contoh Rumah Adat Populer di Indonesia dan Asal Daerahnya

Contoh Rumah Adat

Seperti kita ketahui bersama, Indonesia merupakan salah satu negara dengan kebudayaan paling beragam di dunia.

Keberagaman kebudayaan tersebut, tentunya tidak terlepas dengan suku bangsa dan rumah tradisional yang ditinggalinya.

Ya, walaupun sudah banyak rumah tradisional yang dijadikan sebagai ikon pariwisata, namun keaslian dan keasriannya masih tetap dijaga hingga kini.

Nah, diantara banyaknya rumah adat di Indonesia setidaknya ada 10 contoh rumah adat daerah yang paling populer yang berhasil kami himpun, diantaranya sebagai berikut:

1. Rumah Adat Joglo

Rumah Joglo merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah. Rumah ini mempunyai karakteristik bentuk atap yang menyerupai piramida (layaknya gunung).

Secara umum, terdapat empat pembagian ruangan di dalamnya, yaitu:

  • Pendopo:Bagian paling depan dari rumah Joglo, ruangan ini kerap digunakan sebagai tempat pertemuan untuk acara besar bagi penghuninya.
  • Pringgitan: Bagian ini merupakan penghubung antara Pendopo dan Omah Dalem, yang berfungsi sebagai ruang tamu.
  • Omah Dalem: Ruangan yang digunakan sebagai tempat bersantai bagi anggota keluarga.
  • Sentong:Tempat istirahat atau tempat tidur bagi pemiliki rumah dan keluarga.

Material yang digunakan dalam pembangunan rumah adat ini terbuat dari kayu jati. Tidak heran jika rumah adat ini dapat bertahan hingga puluhan tahun.

2. Rumah Adat Kebaya

Rumah Kebaya merupakan rumah adat khas suku Betawi (DKI Jakarta). Keunikan dari rumah adat ini yaitu memiliki bentuk atap yang menyerupai pelana yang dilipat layaknya lipatan pada baju kebaya.

3. Rumah Adat Limas

Rumah Limas merupakan salah satu rumah ikonik dari Provinsi Sumatera Selatan. Dikutip dari Milenialjoss, ciri khas dari rumah adat ini yaitu memiliki tiang penyangga dengan ketinggian 1,5 – 2 meter dari permukaan tanah.

Terdapat lima pembagian ruangan dalam rumah adat ini, yaitu: pagar tenggulung, jogan, kekijing ketiga, kekijing keempat, dan gegajah.

4. Rumah Adat Honai

Rumah Honai merupakan rumah adat orang Papua. Bahan material yang digunakan dalam membangun rumah adat ini yaitu kayu dan ilalang.

Adapun keunikan dari rumah Honai terletak dari bentuk rumahnya yang bundar dengan atap berbentuk kerucut dan hanya memiliki satu pintu tanpa jendela.

Bagi masyarakat Papua, rumah Honai bukan hanya difungsikan sebagai tempat tinggal, melainkan juga sebagai tempat pengajaran hidup untuk mendidik pria maupun wanita.

5. Rumah Adat Gadang

Rumah Gadang merupakan rumah adat Provinsi Sumatera Barat yang memiliki ciri khas berupa bentuk atap yang menyerupai tanduk kerbau. Rumah Gadang dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu:

  • Rumah Gadang Gajah Maharam.
  • Rumah Gadang Surambi Papek.
  • Rumah Gadang Batingkek.
  • Rumah Gadang Gonjong Limo.

6. Rumah Adat Krong Bade

Rumah Krong Bade merupakan rumah adat Aceh yang mepunyai bentuk seperti rumah panggung. Ciri khas dari rumah adat ini memiliki tangga di depan rumah dengan ketinggian sekitar 2,5 – 3 meter dari permukaan tanah.

7. Rumah Adat Musalaki

Rumah Musalaki merupakan rumah adat yang menjadi lambang dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Rumah adat ini memiliki bentuk persegi empat dengan atap yang menjulang tinggi seperti kerucut.

Konon, pada zaman dulu rumah Musalaki kerap digunakan sebagai tempat tinggal para ketua suku atau kepala adat dari daerah Ende Lio.

8. Rumah Adat Bubungan Tinggi

Rumah Bubungan Tinggi merupakan rumah adat suku Banjar di Kalimantan Selatan yang sekaligus menjadi maskot rumah adat khas Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurut tim Depdikbud Prov. Kalimantan Selatan, rumah Bubungan Tinggi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Atap sindang langit tanpa plafon.
  • Tangga berjumlah ganjil.
  • Pamedangan diberi lapangan kelilingnya dengan kandang rasi berukir.

9. Rumah Adat Gapura Candi Bentar

Rumah Gapura Candi Bentar merupakan rumah adat Bali yang kental kaitannya dengan agama Hindu. Rumah adat ini memiliki ciri-ciri yang menyerupai pura, ditambah di bagian depan rumah adat ini terdapat dua bangunan yang menyerupai candi dengan bentuk sama dan sejajar.

10. Rumah Adat Dalam Loka

Rumah Dalam Loka merupakan rumah adat dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Rumah ini dibangun pertama kali oleh suku-suku asli daerah NTB.

Konon, rumah adat Dalam Loka digunakan sebagai tempat kediaman para raja dan pusat pemerintahan raja Sumbawa pada zaman dulu.

Itu tadi beberapa contoh rumah adat di Indonesia yang memiliki desain unik dan menarik. Sebetulnya, masih banyak rumah adat di Indonesia yang tidak dimasukin ke dalam pembahasan ini.

Namun, kami pilah dan pilih 10 rumah adat di atas menjadi yang utama karena alasan tertentu, semoga bermanfaat!