Cara Mudah Viral di TikTok Khusus Bagi Pemula

Cara Viral di TikTok

Tiktok merupakan sebuah aplikasi yang sedang tenar di tahun sekarang. Tidak hanya kalangan remaja namun juga orang tua juga ikut menggunakan aplikasi ini. Pengguna TikTok mencari tahu bagaimana cara viral di TikTok.

Banyak video yang bisa menjadi sebuah referensi di TikTok, mulai dari belajar bahasa asing, memasak dan lain sebagainya. Ketika banyak yang lihat dan menjadi viral, pengguna bisa juga mendapatkan pundi–pundi rupiah. Berikut ini adalah beberapa cara agar viral di aplikasi TikTok:

1. Menjadi Konten Kreator

Untuk bisa viral dan dikenal di aplikasi TikTok, buatlah video yang menarik dan unik. Video yang dibuat juga bisa sebagai hiburan atau informatif. Ketika memiliki video yang menarik dan unik pasti orang lain akan tertarik dan akan mengunjungi akun tersebut.

Jika bingung untuk memilih tema konten yang akan dibuat, pengguna bisa membaut video tentang hobinya. Atau pengguna bisa juga download video TikTok orang lain yang akan dijadikan referensi. Ingatlah untuk selalu memberikan inovasi video yang berbeda ketika mengunggah video baru. Ketika membuat video yang bermanfaat pasti akan dibagikan melewati 1 sampai 3 orang dan akhirnya menjadi viral.

2. Konsisten

Cara viral di TikTok yang kedua adalah konsisten. Konsisten disini mengarah pada unggahan video atau konten yang di buat. Jadi, di aplikasi ini pengguna harus mengunggah video dalam waktu yang berjangka dan tetap rapi.

Tidak perlu setiap hari dalam mengunggah video, buatlah jadwal konten. Hal ini karena jika mengunggah video setiap hari, nanti akan mempengaruhi video yang akan dibuat. Biasanya konten kreator pasti membuat gambaran mengenai video yang akan dibuat selanjutnya, maka perlu adanya jangka waktu secara konsisten.

3. Aktif Sosial

Sebagai pengguna TikTok yang baik, maka harus aktif dalam menggunakan akun. Hanya saja, yang dimaksud disini tidak hanya aktif dalam mengunggah video, namun aktif sosial dengan pengguna lain. Jadi, dengan adanya aktif sosial maka akun pengguna akan terlihat dengan orang lain.

Aktif sosial bisa dilakukan dengan menyukai dan mengomentari kreator lain. Dengan mengomentari akun orang lain, bisa juga mengajak orang lain untuk mengunjungi akun pribadi. Hal ini juga bisa melihat video koleksi yang dibuat dan jika video itu menarik maka bisa dibagikan dengan yang lain.

4. Fokus

Ketika di awal sudah memutuskan video yang akan dibuat, maka harus fokus dalam pembuatanya. Misalnya dari awal sudah memilih mengenai konten tentang belajar bahasa asing, maka harus tetap fokus disitu. Fokus disini bermaksud tidak melebar dengan konten video lainnya.

Karena biasanya seorang konten kreator yang sudah memiliki banyak pengikut malah membuat video yang tidak sesuai dengan video awal. Ini membuat para pengikut merasa tidak tertarik ketika konten yang dibuat semakin melebar. Jadi, sebagai kreator yang baik harus fokus dengan konten yang dibuat dan tentunya tidak melebar

5. Gunakan Hastag

Cara viral di TikTok jangan lupa gunakan hastag. Hal ini karena hastag sangat bermanfaat agar video yang dibuat bisa dilihat oleh orang lain. Ini sangat berperan penting jika  video yang dibuat viral. Hastag juga mempermudah penemuan apalagi ketika ada sebuah trend atau challenge.

Contohnya ketika membuat video olahraga bisa menggunakan #fitness. Disini hastag yang digunakan pengguna harus secara luas dan jangan hanya menggunakan satu hastag. Penggunaan hastag ini sangat membantu agar viewer video meningkat.

6. Kreatif dan Unik

Cara Viral di TikTok selanjutnya adalah membuat video yang kreatif dan unik. Jangan membuat video yang sama dengan pengguna lain. Buatlah video yang berbeda mulai dari konsep ataupun informasi yang akan dibagikan.

Dalam pengeditan juga gunakan backsound suara yang tidak membosankan. Gunakan efek suara sesuai dengan kebutuhan yang ada dalam video dan juga jangan terlalu banyak sound tambahan. Bisa juga menambah filter agar video terlihat lebih kontras dan unik.

7. Perhatikan Trend

Cara viral di TikTok yang terakhir adalah mengikuti trend yang ramai diperbincangkan. Pengguna bisa melihat video yang lagi trend dengan mengikuti hastag atau juga melihat dari pengguna lain. Biasanya trend yang langsung viral mengenai tantangan, pengguna bisa mengikuti trend tersebut.

Itulah 7 cara viral di TikTok yang bisa dijadikan sebuah referensi. Sebagai konten kreator harus memberikan video yang bermanfaat bagi pengikutnya. Sementara, sebagai pengguna harus bijak dalam mengelola akun TikTok.