Tips dan Cara Mengubah PDF ke Word di Laptop

Cara Mengubah PDF ke Word di Laptop

Mencari cara mengubah PDF ke Word di laptop sering dicari oleh kalangan pelajar, mahasiswa, atau pekerja kantoran. Hal ini sangat dibutuhkan karena file PDF tidak bisa di-edit. Padahal, sering kali kamu harus melakukan editing agar teks-nya sesuai dengan keinginan.

PDF merupakan sebuah format file yang berbasis teks. Meskipun format ini telah berfungsi sangat baik. Namun, kebutuhan editing memang tidak bisa dipungkiri lagi. Untuk itu, simak penjelasan dan langkah-langkahnya berikut ini!

Cara Mengubah PDF ke Word

  1. Menggunakan Converter Online

Bagi kamu yang tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan untuk mengubah format PDF menjadi Word. Langkah yang terbaik untuk dipilih yaitu dengan menggunakan converter online yang banyak tersedia di dalam situs internet.

Tentu saja, kamu bisa menggunakannya secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun. Keunggulan menggunakan converter online, salah satunya yaitu tidak diperlukannya registrasi yang kadang terasa sangat ribet. Untuk cara pengompresannya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Membuka situs internet yang menyediakan converter online free
  • Lalu unggah berbagai jenis file yang ingin dirubah menjadi format Word
  • Tekan tombol ‘Convert’ dan tunggu hingga proses tersebut bekerja dengan baik
  • Setelah berhasil, Anda akan mendapatkan pop up untuk bisa mengunduh file tersebut
  1. Menggunakan Aplikasi Microsoft Office

Cara mengubah PDF ke Word di laptop selanjutnya yaitu dengan langsung menggunakan aplikasi Microsoft Office. Dirangkum dari ulasan jurnaltekno.id  cara ini menjadi paling mudah dan cepat. Pasalnya, versi terbaru dari aplikasi ini sudah memungkinkan untuk bisa membuka, menyimpan serta mengedit format PDF.

Cara ini juga bisa dilakukan tanpa menggunakan koneksi internet alias offline. Untuk langkah-langkahnya simak cara dibawah ini.

  • Langkah yang pertama yaitu dengan membuka aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu di perangkat laptop
  • Lalu pilih menu ‘File’ kemudian ‘Open’ dan selanjutnya pilih file-file PDF yang ingin Anda ubah menjadi Word
  • Setelah itu, Anda akan menerima pop up berupa peringatan, lalu tekan ‘OK’ dan tunggu proses convert tersebut hingga selesai
  • Jika proses tersebut telah berjalan dengan baik, selanjutnya yakni dengan menyimpan file terlebih dahulu. Anda bisa menyimpannya dengan menggunakan format file yang sesuai dengan kebutuhan.
  1. Menggunakan Adobe Acrobat Pro

Selain menggunakan Converter Online dan menggunakan Microsoft Word. Kamu juga bisa mengubahnya dengan menggunakan Adobe Acrobat Pro yang telah banyak disediakan di dalam situs online.

Jika kamu belum mempunyai aplikasi ini, cara yang tepat yaitu dengan melakukan proses pengunduhan dan penginstalan terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

  • Membuka aplikasi Adobe Acrobat Pro yang telah terinstal di dalam perangkat laptop.
  • Membuka file PDF yang ingin di convert menjadi Word.
  • Lalu pilih ‘File’ kemudian pilih menu yang akan mengubah file tersebut menjadi Word. Hanya dalam sekejap, format PDF akan berubah menjadi file Word.
  1. Menggunakan Google Docs

Cara mengubah PDF ke Word di laptop yang terakhir yaitu dengan memanfaatkan fitur Google Docs yang tersedia. Layanan ini diberikan oleh Google untuk bisa digunakan oleh seluruh pengguna nya.

Aplikasi ini dapat digunakan layaknya fitur aplikasi Microsoft Word. Untuk langkah-langkahnya, simak rincian di bawah ini.

  • Langkah yang pertama yaitu dengan membuka layanan Google Docs terlebih dahulu.
  • Lalu, buka format file yang ingin dipunggah.
  • Setelah file tersebut terbuka, kamu bisa melihat tampilan file di dalam aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya yaitu dengan memilih menu ‘File’ kemudian pilih opsi ‘Download As..’ dan jangan lupa untuk memilih format Microsoft Word.

Demikian 5 tips cara mengubah PDF ke Word di laptop yang bisa Anda lakukan sendiri. Pada dasarnya cara ini memang sangat mudah dilakukan apabila mengetahui cara-caranya. Setelah mengetahui beberapa tips tersebut, tentunya kamu tidak perlu lagi bingung untuk bisa mengubah format file PDF.