Aplikasi BOOKTOME pengelola perpustakaan

  • BookTome

Apllikasi komputer gratis BookTome ini lebih mirip merupakan aplikasi perpustakaan yang memungkinkan kita memanajemen perpustakaan/buku-buku yang pada dasarnya kita dapat mendata koleksi buku sekaligus melacak keberadaan dan statusnya. Anda dapat membuat katalog dan mengelola perpustakaan atau koleksi buku pribadi dan sangat cocok untuk koleksi dari semua ukuran dan jenis.

Aplikasi komputer gratis BookTome ini berukuran kecil, yakni sekitar 3.09 MB saja dan beroperasi di sistem Windows XP dan 7 serta berkonsep manajemen dan pengelolaan dari suatu sistem buku yang sederhana, layaknya aplikasi perpustakaan pada umumnya.  Aplikasi BookTome ini akan membuat kita jadi tahu buku apa saja yang masih di rak/lemari, dan buku apa saja yang sedang dipinjam atau sedang dibaca. Bahkan kita juga dapat memasukkan atau menlist buku-buku yang menjadi incaran kita ke dalam menu BookTome Wish List.

Design dan User Interface

Design dari aplikasi ini memang mirip  aplikasi-aplikasi yang berbasis pendataan. Mirip sebuah aplikasi perpustakaan pada umumnya tetapi cukup sederhana dengan beberapa tampilan form pada menu aplikasinya serta memiliki  interface yang user friendly hingga aplikasi komputer gratis ini mudah dipahami dan digunakan oleh para penggunanya.

Fitur / Sub Menu Application

Aplikasi komputer gratis BookTome ini memiliki fitur yang tak jauh beda kelayakannya dengan sebuah aplikasi manajemen perpustakaan yang profesional. Fitur menunya yang cukup lengkap memudahkan kita dalam mengelola buku-buku kita, bahkan mencarinya jikalau kita lupa. Fitur submenunya cukup lengkap yang memungkinkan menuliskan identitas buku yang lengkap, seperti judul buku, penulis, penerbit, tahun terbit, tebal buku, hingga meng-upload gambar cover dari bukunya.

Beberapa fitur menu pada aplikasi komputer gratis BookTome ini lainnya, antara lain; menu add new books yang merupakan menu untuk inputan detail buku yang ingin kita data, yang juga  memiliki sub menu edit, delete, dan save. Selain dengan cara manual pada menu inputan buku, untuk “mengupload” gambar cover buku ke dalam database BookTome, kita bisa juga menggunakan bantuan situs Google untuk mencarikan cover buku yang dimaksud bila kita terkoneksi internet.

Fitur utama bookTome:

Menambah dan mengedit buku-buku manual atau menggunakan layanan web, Menyortir dan mengatur buku-buku oleh pengarang, serial, kategori, membaca status atau tag, Cari buku Anda dengan gratis-bentuk pencarian teks dan link, Mencetak daftar buku, informasi buku dan ingin daftar, Mencatat buku yang ingin anda baca dengan daftar keinginan.

1 Menampilkan Buku

BookTome dapat menampilkan buku-buku dalam beberapa cara. Anda dapat melihat buku-buku oleh pengarang, seri atau kategori, dan juga oleh status pembacaan. Buku dalam tampilan yang aktif dapat ditampilkan dalam kotak rinci atau menggunakan thumbnail. Setelah memilih sebuah buku, segala informasi yang ditampilkan di bagian bawah layar. Anda juga dapat menampilkan informasi tambahan tentang penulis buku.

2 Menambahkan Buku

Menambahkan buku baru untuk perpustakaan Anda mudah. Menggunakan fitur layanan web, banyak informasi yang dapat didownload langsung dari Amazon. Sisa dari informasi dapat ditambahkan dalam mudah untuk menggunakan dialog yang mencakup fungsi lengkap otomatis. Sejarah dari semua perubahan yang Anda buat ke sebuah buku juga akan disimpan. Anda juga dapat menetapkan tag untuk menggambarkan dan mengkategorikan setiap buku dan menilai setiap buku setelah Anda membacanya.

2 Pencarian Buku

Menemukan buku dapat dilakukan dalam beberapa cara. Anda dapat mencari melalui semua bidang atau bidang tertentu dengan menggunakan kotak pencarian cepat di bagian atas layar, atau pencarian rinci dalam modus pencarian. Anda dapat mencari teks tertentu atau untuk nilai kosong. Atau, saat melihat buku Anda bisa mengklik kanan pada sebagian besar bidang untuk mencari nilai tersebut. Wish List juga mendukung pencarian.

 

3 Wish List

Anda juga dapat melacak buku yang Anda ingin mendapatkan di masa depan, dan mengikuti mereka melalui semua tahapan yang berlaku, termasuk yang belum pernah dirilis, tersedia, memesan dan dikirim. Anda juga dapat melacak kategori mereka dan ISBN’s. Anda kemudian dapat dengan mudah menambahkan mereka ke dalam database Anda setelah Anda telah membawa mereka.

4 Pencetakan

Penuh dukungan pencetakan sekarang juga tersedia dalam bookTome. Anda dapat mencetak rincian lengkap buku tertentu, daftar dari buku-buku dalam tampilan yang aktif, dan juga pandangan Wish List saat ini, setelah melihat pratinjau laporan yang dihasilkan. Laporan juga dapat disimpan ke file PDF.

5 Data Management & Mengekspor ke Web

BookTome termasuk Manajemen Data Wizard yang memungkinkan untuk mengimpor data dari program lain, ekspor data ke program lain dan menciptakan sebuah website didasarkan pada isi dari database Anda. Pengguna dapat menyesuaikan ekspor web template atau membuat template baru yang sesuai dengan tata letak situs web yang ada.

6 Pengaturan, Backup & Fitur Lainnya

BookTome sepenuhnya dapat disesuaikan dan dapat dikonfigurasi. Ini termasuk backup data otomatis, kecelakaan pelaporan, database impor dan ekspor, pembuatan website, manajemen basis data dan statistik – termasuk informasi mengenai penulis dan kategori dalam database Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply